Istilah Istilah Umum Dalam Hak Cipta

oleh

Dalam dunia musik pasti ada sebuah karya dimana karya tersebut mempunyai hak cipta, maka dari itu munculah yang namanya Izin jika kita ingin menjadikan lagu atau musik tersebut ke dalam hal yang komersil.

Di bawah ini ada beberapa istilah dalam Hak Cipta:

Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatsan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pencipta adalah seorang atau beberapa orang yang secara sendiri-sendiri yang menghasilkan suatu ciptaan yang bersifat khas dan pribadi

Ciptaan adalah setiap hasil karya cipta di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra yang di hasilkan atas inspirasi, kemampuan, pikiran, atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menerima hak tersebut secara sah.

Pemegang hak cipta adalah pencipta sebgai pemilik hak cipta, pihak yang menrima hak tersebut secara sah dari pencupta, atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menrima hak tersebut secara sah.

Hak terkait adalah yang berkaitan dengan hak cipta yang merupakan hak eksklusif bagi pelaku pertunjukkan, prosduser, fonogram, atau lembaga penyiaran.

Pelaku pertunjukkan adalah seorang atau beberapa orang yang secara sendiri-sendiri atau bersma-sama menampilkan dan mempertujukkan suatu ciptaan.

Produser Fonogram adalah orang atau badan hukum yang pertama kali yang merekan dan memilki tanggung jawab untuk melaksanakan perekaman suara atau perekaman bunyi, baik perekaman pertujukkan maupun perekaman suara atau bunyi lain.

Lembaga penyiran adalah penyelenggara penyiaran, baik lembaga penyiaran publik, lembaga penyiaran swasta, lembaga penyiaran komunitas maupun lembaga penyiaran berlanggaanan yang dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Program komputer adalah seperangkat intruksi yang diekspresikan dalam bentuk bahasa, kode, skema, atau dalam bentuk apapun yang di tujukkan agar komputer bekerja melakukan fungsi tertentu atau untuk mencapai hasil tertantu.

Potret adalah kara fotografi dengan obyek manusia

Pengumuman adalah pembacaan, penyiaran, pameran, suatu ciptaan dengan menggunakan alat apapun baik elektronik atau non elektronik atau melakukan dengan cara adapapun sehingga suatu ciptaan dapat di baca, didengar, atau dilihat orang lain.

Penggadaan adalah proses perbuatan, atau cara menggadakan satu salinan ciptaan dan atau fonogram atau lebih dengan cara dan dalam bentuk apapun, secara permanen atau sementara.

Fiksasi adalah perekaman suara yang di dengar, perekeman gambar, atau keduanya yang dapat dilihat, didengar, digandakan, dikomunikasikan melalui perangkat apapun.

Fonogram adalah fiksasi suara pertujukkan atau suara lain, atau repressentasi suara, yang tidak termasuk bentuk fiksasi yang bergabung dalam senematografi atau ciptaan audiovisual lainnya.

Penyiaran adalah transmisian suatu ciptaan atau produk hak terkait tanpa kabel sehingga dapat diterima oleh semua orang dilokasi yang jauh dari tempat transmisi berasal.

Komunikasi kepada publik yang selanjutnya disebut komunikasi adalah pentransmisian suatu ciptaan: pertujukkan, fonogram melalui kabel atau media lainnya selain penyiaran sehingga dapat diterima oleh publik, termasuk penyediaan suatu ciptaan, pertujukkan, atau fonogram agar dapat di akses publik dari tempat dan waktu dipilihnya.

Pendistribusian adalah penjualan, penggadaan, dan penyebaran cipta dan produk terkait.

Kuasa adalah konsultan kekayaan intelektual, atau orang yang mendapat kuasa dari pencipta, pemegan hak cipta, dan pemilik hak terkait.

Permohonan adalah permohonan pencatatan ciptaan oleh pemohon kepada menteri.

Lisensi adalah izin tertulis yang diberikan oleh pemegang hak cipta, pemilik hak terkait kepada pihak lain untuk melaksanakan hak ekonomi atas ciptaannya, atau produk hak terkait dengan syarat tertentu.

Royalti adalah imbalan atas pemanfaatan hak ekonomi suatu ciptaan atau produk yang terkait yang diterima oleh pencipta atau pemilik hak terkait.

Lembaha manajemen kolektif adalah institusi yang berbentuk badan hukum nirlaba yang diberi kuasa oleh pencipta, pemegang hak cipta atau pemilik hak terkait guna mengelola hak ekonominya dalam bentuk menghimpun dan mendistribusikan royalti.

Pembajakan adalah penggadaan ciptaan atau produk hak terkait secara tidak sah dan pendistribusian barang hasil penggadaan dimaksud secara luas untuk meperoleh keuntungan ekonomi.

Penggunaan secara komersial adalah pemanfaatan ciptaan atau produk hak terkait dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan ekonomi dari berbagai sumber atau berbayar.

Ganti rugi adalah pembayaran sejumlah uang yang dibebankan kepada pelaku pelanggaran hak ekonomi pencipta, pemegang hak cipta atau pemilik hak terkait berdasarkan putusan pengadilan perkara perdata, pidana yang berkekuatan hukum tetap atas kerugian yang diderita pencipta, pemegan hak cipta atau pemilik hak terkait.

Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang hukum.

Orang adalah orang perseorangan atau badan hukum

Berikut istilah-istilah yang ada di Hak Cipta, semoga memberikan informasi kepada para pelaku usaha Karaoke khususnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *