Pengertian Karaoke

oleh

karaoke bangettt

Karaoke adalah sebuah jenis hiburan dimana seseorang diiringi dengan musik dan teks liryk yang ditunjukkan pada sebuah layar (Wiki)

Karaoke adalah jenis hiburan dengan menyanyikan lagu-lagu populer dengan diringi musik yang telah direkam terlebih dahulu (KBBI)

Sejarah karaoke berasal dari negara jepang pada awal mulanya dimana kata “karaoke” berasal dari kata “kara” yang berarti kosong dan kata “oke” yang merupakan bentuk pendek dari “okestra”.

Di Indonesia sendiri karaoke sangat populer di masyarakat, akan tetapi masyarakat belum faham akan hal kategori karaoke di bagi beberapa kategori menurut keputusan Kementerian Hukum dan HAM.

  • Karaoke Hall
  • Karaoke Keluarga
  • Karaoke Eksekutif

Melihat dari ketiga kategori di atas secara tidak langsung mengenai perizinan, harga, pajak dll berbeda. Sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor HKI.2-OT.03.01-03 bahwa tiap kategori mempunyai besaran tarif royalti yang berbeda dimana untuk karaoke hall 20.000, Karaoke Keluarga 12.000, dan Karaoke Eksekutif 50.000.

Berbicara mengenai royalti pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM membentuk sebuah lembaga yang akan mengatur royalti dari penerima Hak, maka dari itu terbentuknya Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Lembaga Manajemen Kolektif Nasional ini akan mengkolek royalti dari user(pengguna) untuk kemudian disalurkan kepada yang mempunyai Hak, baik Hak Cipta dan Hak Terkait. Lembaga Manajemen Kolektif Nasional juga menunjuk Lembaga Manajemen Kolektif yang sudah lebih dulu aktif yaitu KCI, WAMI, RAI (Hak Cipta), SELMI,PAPPRI,ARDI(Hak Terkait) untuk membantu mengkolek royalti dari user.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *