Lembaga Manajemen Kolektif Hak Cipta

oleh

 

LMKN royalti musik

Negara Indonesia mempunyai beragam ragam budaya dalam hal ini idustri musik, kita lihat saja di tv, radio sudah banyak lagu-lagu yang kita dengar. Dalam sebuah lagu terdapat sebuah lyrics dimana lyrics ada yang menciptakan, nah dari sini kita bisa melihat adanya suatu hak seorang pencipta.

Hak cipta merupakan hak ekslusif (hak moral dan hak ekonomi) bago pencipta maupun pemegang hak cipta, sehingga kepadanya di berikan hak melarang orang lain untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya tanpa seizin pencipta. Seseorang yang mempergunakan hak ekonomi orang lain tanpa seizin seorang pencipta merupakan pelanggaran hukum.

Oleh karena itu untuk menjaga hak ekslusif pencipta di butuhkan suatu lembaga yang bisa mengurus setiap penggunaan hak cipta orang lain baik itu yang sudah punya izin maupun yang belum punya izin.

Maka dari itu adanya Lembaga manajemen Kolektif Hak Cipta, dimana lembaga ini bertugas mengelola hak ekonomi seorang pencipta dalam bentuk menghimpun dan mendistribusikan royalti.

Di Indonesia sendiri sudah terbentuk lembaga manajemen kolektif hak cipta yaitu:

  1. Yayasan Karya Cipta Indonesia (YKCI)
  2. Wahana Musik Indonesia (WAMI)
  3. Royalti Anugrah Indonesia (RAI)

Di Indonesia lembaga manajemen kolektif hak cipta yang sudah mempunyai izin operasional adalah YKCI,WAMI,RAI selain ketiga ini harus di lihat langsung ke Ditjen HKI.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *